Sabtu, 18 Agustus 2018

Gulai Bawal Jengkol.


Ngomong soal makanan, pastinya takkan habis untuk dituangkan ke dalam tulisan, beragam masakan hasil berekaperimen di dapur setiap harinya tentu saja dapat dituangkan ke dalam tulisan. Kali ini, saya akan berbagi resep memasak ikan Bawal dicampur jengkol. 

Oiya, ngomong-ngomong soal jengkol, pasti deh ada sebagian yang tidak menyukai buah yang identik dengan bau menyengatnya ini. Bahkan saking menyengatnya, beberapa orang lebih memilih untuk tidak mengkonsumsinya. Padahal, berdasarkan hasil beberapa penelitian membongkar sebuah fakta mengenai jengkol, ternyata jengkol ini mengandung fosfor dan kalsium yang dapat mencegah osteoporosis atau kerapuhan pada tulang. Selain itu, manfaat lainnya dari mengkonsumsi jengkol yakni sebagai antioksidan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Tuh kan, ternyata bagus buat dikonsumsi, asal jangan terlalu banyak, sebab pernah ada kejadian keracunanan jengkol, dimana hal itu pernah dialami oleh adik teman saya.



Yuk, langsung kita sulap menjadi gulai yang menggugah selera. Untuk jengkol, sebelum menjadi bahan campuran, biasanya jengkol saya rebus terlebih dulu, dengan tujuan agar jengkol menjadi lebih lunak. Apalagi jika jengkolnya buat disambal, tentunya agar tidak keras, saya rebus terlebih dulu dong jengkolnya. 

Bawal Gulai Jengkol.

Bahan:

  • Ikan Bawal 4 ekor, potong dua dan cuci bersih.
  • Jengkol seperempat, cuci lalu rebus.

Bumbu:

  • Cabai merah 20 biji atau sesuai selera.
  • Satu ruas jari laos.
  • Setengah ruas jari kunyit.
  • Satu ruas jari jahe.
  • 6 siung bawang merah, iris.
  • Daun salam 2 lembar.
  • Daun jeruk 2 lembar.
  • Santan instan 65 ml.
  • Minyak goreng 5 sendok makan. (semua bumbu digiling kecuali bawang merah, daun salam, daun jeruk dan minyak goreng)
  • Air 500 ml.

Cara Memasak:

  • Goreng bawang merah, lalu masukkan semua bumbu halus, tumis hingga harum.
  • Masukkan ikan Bawal, diamkan hingga beberapa menit atau kira-kira bumbu meresap.
  • Masukkan air dan jengkol yang sebelumnya sudah direbus dan dibuang kulitnya.
  • Masak hingga matang.


Daaaan, taraaaa! Masakan sudah siap dihidangkan dan selamat menikmati bersama keluarga tercinta.

Warning! Jangan lupa masak nasinya yang banyak, sebab Ikan Bawal Gulai Jengkol ini bisa menyebabkan selera makan yang berlebihan, apalagi kalau makannya bareng-bareng satu keluarga besar, jangan sampai lagi enak makan eh nasinya kuran, wkwkwkw.

6 komentar:

  1. Ikan Bawal sama jengkol? Kalo aku sih lebih suka ikan Bawal daripada jengkol.

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran sama rasa gabungan ikan bawal plus jengkol ..., kelihatan dari fotonya enak.

    BalasHapus
  3. Sampai skarang aku belum pernah makan jengkol. Hehhehe. Penasaran rasanya nih. Tapi kalau lihat gulainya, penasarannya pengen ngincip kuahnya aja deh. Tampak enaakk sekaliii

    BalasHapus
  4. Aku doyaaan jengkol tapi yg disemur pedas. Buatan mamahku enak looh. Eh tapi ini ada yg harus dicoba ah resep mbak Elva. Ada bawalnya juga mantap. Bumbu dapur yg dipakai banyak juga ya laos dll. Btw kalo aku mungkin ga cukup cabe merah 20 siung. Jadi 40 aja biar super hot wkwkwkwk 😘😘

    BalasHapus
  5. Aku doyan jengkol belum lama itu pun tertentu, doyan yang dibumbui cabe atau balado. Klo dapat yang bisa masak...doyan banget. Tapi seumur-umur belum pernah masak jengkol, ini Elva pinter amat ya bisa masak jengkol

    BalasHapus
  6. Duh nikmat banget kayaknya. Sayangnya, aku ngga doyan jengkol. Walaupun jadi penasaran sama rasanya.... :)

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung serta berkenan meninggalkan komentar dan masukan. Dimohon untuk tidak menanam link. :)