Jumat, 17 Juli 2020

Membuat Bolu Menggunakan Blender

Bolu Kukus Blender enak

Sebenarnya sudah lama (sekitar enam tahunan lalu) ingin menuliskannya di blog, yakni membuat bolu menggunakan blender, tapi baru terealisasikan sekarang. 😁

Ide ini sebenarnya bermula saat beberapa bulan sudah menikah, dimana kala itu Saya ikut suami merantau. Ya maklumlah namanya juga manten baru🀭, jadi beli perabotannya per bulan satu barang (Setiap paksu gajianπŸ˜‚). Nah, karena dari gadis dulu hobiku uprek-uprek dapur, jadilah setelah nikah maunya tetap uprek-uprek dapur. Bikin masakan apapun yang bisa dimasak, mulai dari bikin ayam panggang ala rumah makan, bikin nasi kunyit, hingga kue-kue sederhana kayak lepat binti, dan lainnya. 

Nah, pas banget iseng pengen bikin kue bolu kukus. Tapi eh tapi, nggak ada mixerπŸ˜‚. Mau pinjam ke tetangga, nggak enakan, soalnya belum lama juga pindahannya. Kalau sudah lama dan sudah kenal, pasti Saya pinjem (namun tetap donk nabung-nabung buat beli, agar punya sendiri biar bebas mau masak kue kapan saja 🀭). 

Nah, percobaan Saya kali ini tentunya dengan bahan yang sederhana dan mudah dimengerti. Ini takaran menurut Saya selama bebikinan, dan hasilnya alhamdulillah ngembang cukup bagus. Biar nggak kelamaan, kuy lah berikut bahan dan cara membuatnya. Bisa banget jadi alternatif bebikinan kue buat camilan di rumah. 

Bolu Kukus 

Bahan:

Membuat bolu kukus blender

11 sdm Tepung segitiga biru 
4 butir telur
1/2 sdt Baking Powder
Garam sejumput
14 sdm Gula pasir (Bagi Saya manisnya udah pas, jadi sesuai selera aja rasa manisnya)
11 sdm  Minyak goreng (Minyak baru ya, jangan minyak bekas goreng ikan πŸ˜›)
Boleh diberi tambahan coklat bubuk atau pewarna makanan (sesuai selera aja, yang penting happy dan suka)

Cara Membuat:

  • Blender semua telur ± 30 detik, kemudian masukkan gula pasir dan garam. Lalu blender lagi hingga adonan berbusa (± 3 menit).
Bolu kukus di blender

  • Masukkan adonan telur tadi ke dalam wadah kering, kemudian masukkan tepung dan aduk menggunakan spatula hingga merasa. 
  • Masukkan minyak goreng kemudian aduk kembali. Aduknya perlahan aja.
  • Panaskan kukusan. Sembari menunggu kukusan panas, oles loyang dengan mentega hingga rata, lalu beri taburan tepung hingga merata. Jika ada sisa tepung di loyang, jangan dibuang, masukkan aja ke dalam adonan tadi, lalu aduk hingga merata. Next, tuang adonan ke dalam loyang tersebut.
  • Masukkan loyang ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan tadi kemudian tutup rapat. Nah, biasanya bolu nggak akan ngembang sempurna kalau ada tetesan air dari tutup panci, teman-teman bisa gunakan serbet bersih pada bagian dalam penutupnya, ikat biar nggak jatuh ke adonan. Tapi, kalau Saya nggak pakai serbet, hanya saja saya biarkan dulu kukusan dengan api sedang hingga 15 menitan, lalu cek apa sudah matang atau belum dengan mengangkat tutup panci tanpa dimiringkan, karena biasanya air akan menetes jika tutup panci miring. Kemudian lap tutup panci, dan tutup kembali dengan rapat.
  • Tunggu 10 menitan, dan siap disajikan buat keluarga tersayang.
Membuat bolu kukus pakai blender

Cara membuat bolu dengan blender

Nah, kalau teman-teman mau beri taburan di atasnya juga bisa ya. Atau mau beri lumeran coklat nan lezat dan memikat juga boleh, sesuai selera masing-masing. Saya suka versi resep di atas karena manisnya pas, karena kalau kue udah manis (entah dari lumeran coklat) bisa bikin gigiku ngiluπŸ˜…. Soalnya sudah nggak bisa makan makanan yang terlalu manis-manis, kan Saya udah manis πŸ˜›πŸ€­.

Selamat mencoba!

24 komentar:

  1. Wah enak dan lembut ini bolu kukusnya. Aku suka bikin, cuma terkadang aroma telur masih kerasa .
    Gimana caranya ya meminimalkan aroma telurnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gunakan pewarna makanan yg ada aromanya itu mbak, yg cair. Ada aroma pandan, dll. Insyaa Allah aroma telurnya gak terlalu kuat

      Hapus
  2. Waw.... amazing deh Elva bikin bolu kukus pake blender 😍😍 Setelah 6 tahun berlalu, gimana nih makin sering dipraktekkan ga? Wkwkwkwk...lebih mantul lagi ditambah kismis ya atau keju gitu pas ditaro adonannya di loyang..buat toppingnya hehehe. TFS ya. Kapan2 aku mau buat juga ah. Gampang nih 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, dipraktekkin terus malah. Apalagi saat pandemi di rumah aja, lumayanlah buat camilan di rumah

      Hapus
  3. Kayaknya mudah diaplikasikan nih. Btw, untuk membuat blender kembali segar tanpa bau anyir bekas telur bagaiman ya mbak tips nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan segera cuci kak, terus direndem sebentar pakai vanile secukupnya. Bilas

      Hapus
  4. Boleh juga idenya, Kak. Pake blender. Jadi berasa nggak ada rotan maka akar jadi. Nggak ada mixer maka blender pun dijadikan alat buat adonan bolu. Mantap.

    BalasHapus
  5. Wah kreatif nih mbak tak ada mixer blender pun jadi..bagus lagi hasil bolunya rasa nya pasti enak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, alhamdulillah pada suka. Apalagi ditambah topping cokelat keju

      Hapus
  6. wah tertarik aku mbak. kalau pakai blender kan lebih mudah, ya.. hasilnya sama enaknya, kan?

    BalasHapus
  7. Hihihi, kalo lihat resep beginian saya bagian ngabisin yang udah jadi aja deh.. Soalnya saya engga pandai bikin-bikin kue atau roti dan sebagainya. Btw makasih tipsnya, bisa saya share ke teman yang tidak punya mixer nih..

    BalasHapus
  8. Ya ampun mbaa aku beneran ngga pernah kebayang dan berpikir untuk bikin Bolu pakai blender hahah. Boleh dicoba nih caranya. Thanks for sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget buat dicoba, bahannya jg gak banyak

      Hapus
  9. Bikin bolu pake blender malah lebih kenceng mengaduknya kali ya Mbak, saya blm pernah nyoba, jd pingin nyoba ah setelah baca artikel Mbak Elva ini. Tfs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba mbak, bisa tambah topping juga

      Hapus
  10. Bukannya emang pake blender ya hehe
    Maklum saya tugas makan aja. Istri yg buat hihi
    Btw bolu pavorit saya, tepatnya bolu pandan dan yg agak bantat haha

    BalasHapus
  11. Wah, bisa ya pakek blender. Perlu dicoba nih, cos kadang2 malas ngeluarin mixer. Thanks tipsnya.

    BalasHapus
  12. Biasanya khan pake mixer ya... Kalo bikin bolu. Kalo gak gitu dikocok manual. Pernah lihat kalo para ibu pada bikin kue. Boleh juga dicoba pake blender...

    BalasHapus
  13. wah aku belum pernah bikin bolupake blender. dulu kepikiran mau bikin begin pas belum punya mikser. eh alhamdulillah skrg udh punya mikser.hehe mbak btw gambarnya kegedean kalau buka diweb kepotong gitu

    BalasHapus
  14. Enam tahun lalu dan baru ditulis sekarang? Gokil mbaknya. Istri saya paling enggak kompeten bikin kue. Barangkali nanti mau nyobain resep ini, hehe.

    BalasHapus
  15. Ya ampun, ide nulisnya udah mengendap 6 tahun.
    Mudah ya kayaknya, sama saya juga nggak punya mixer. Bisa dicoba nih bebikinan bolu pakai blender

    BalasHapus
  16. Ternyata untuk membuat bolu ini cukup sederhana step by step nya, bahannya cukup udah...
    Ah, mba, jadi mengingatkan ku pada mixerku yang csudah cukup tua usianya... Trik bikin adonan pake blender ini mungkin bisa kucoba, hehehe Thank You

    BalasHapus
  17. Dari gambar aja Udah keliatan rotinya enak Dan lembut. Wah wa

    BalasHapus
  18. Dari gambarnya saja sudah terlihat empuk dan enak ini. Kapan-kapan mau Coba sama anak-anak

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung serta berkenan meninggalkan komentar dan masukan. Dimohon untuk tidak menanam link. :)