Kamis, 03 Januari 2019

Menjelajahi Cagar Budaya Bengkulu

Menjelajahi Cagar Budaya Bengkulu

Hallo, apa kabar liburannya? Pasti dengan cerita yang berbeda-beda, ya kan? Atau mungkin, ada yang liburannya diisi dengan menjelajahi wisata budaya. 

Nah, kali ini saya akan share mengenai beberapa cagar budaya yang ada di Bengkulu. Mana tahu suatu saat teman-teman sedang traveling ke Bengkulu. Dan, kalau sempat, mampirlah ke rumahku, hehe ....  

Terakhir saya ke cagar budaya yang ada di Bengkulu sekitar tahun 2012an, hingga setelah menikah di tahun 2014 sampai sekarang saya belum pernah lagi ke cagar budaya karena ikut suami merantau. Semoga di tahun 2019 ini terwujud untuk bisa mengunjunginya satu persatu. Aamiin. 

Sekilas Tentang Bengkulu 

Bengkulu merupakan sebuah provinsi dengan ibukota Bengkulu, yang mendiami wilayah Indonesia bagian barat daya Pulau Sumatera. Dan, tentunya terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya, salah satunya adalah cagar budaya. 

Agar cagar budaya yang ada di Bengkulu tetap terjaga kelestariannya, tentu saja diperlukan strategi matang dalam mengoptimalkan cagar budaya tersebut, agar generasi berikutnya masih bisa mengetahui sejarah panjang terbentuknya cagar budaya, tentunya melalui bangunan bersejarah yang ada. 

Nah, buat teman-teman yang belum familiar dengan Cagar Budaya yang ada di Bengkulu, berikut ulasannya. 

  • 1. Benteng Marlborough. 

Menjelajahi Cagar Budaya Bengkulu

Merupakan sebuah Benteng yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini merupakan saksi sejarah peninggalan Inggris di Bengkulu, didirikan tahun 1714-1719 oleh Gubernur Joseph. Tempatnya sangat menarik sebab berada di atas bukit buatan, posisinya menghadap ke arah kota Bengkulu dan memunggungi Samudera Hindia. 

  • 2. Rumah Pengasingan Bung Karno. 

Menjelajahi Cagar Budaya Bengkulu

Sesuai namanya, dulu bangunan tersebut menjadi tempat mantan Presiden Ir. Soekarno diasingkan oleh penjajah, yang kemudian menjadi destinasi populer yang paling ramai dan sukses menarik perhatian pengunjung. Kondisinya masih terawat baik dan asli. Letaknya di Anggut Atas, Bengkulu. 

  • 3. Masjid Jamik Soekarno. 

Menjelajahi Cagar Budaya Bengkulu

Masjid ini cukup terkenal sebab pendirinya Bapak Soekarno. Dibangun saat di pengasingan dulu pada tahun 1940. Desainnya bergaya Eropa dan langsung dirancang sendiri oleh beliau yang telah mengantongi gelar arsitektur. Letaknya tepat di jantung kota Bengkulu, yaitu di Jalan Soeprapto Kelurahan Pengantungan Gading Cempaka Provinsi Bengkulu. 

  • 4. Tugu Thomas Parr. 

Menjelajahi Cagar Budaya Bengkulu

Tugu Thomas Parr merupakan saksi bisu kekejaman penjajahan Inggris sekitar tahun1807. Didirikan untuk memperingati kematian seorang Residen Bengkulu bernama Thomas Parr yang dibunuh orang Bugis, karena tak menyenangi keberadaannya. Lokasinya berada di pusat alun-alun Bengkulu. 

  • 5. Bungker Jepang Bengkulu. 

Menjelajahi Cagar Budaya Bengkulu

Terletak di Pulau Enggano yang merupakan pulau kecil yang mendiami kecamatan Bengkulu Utara provinsi Bengkulu. Pada zaman tersebut Bunker Jepang digunakan sebagai tempat pengintaian, mengantisipasi musuh ketika datang menyerang. Lokasinya ada dua, yaitu di desa Apoho dan desa Malakoni. 

‘’Setengah Abad Bengkulu Emas’’, memang nggak salah jika dicanangkan gubernur Rohidin Mersyah, sebab telah mengalami perubahan di sana. Upaya pemerintah yang gencar meningkatkan pembangunan serta pemeliharan tempat-tempat sejarah, patut diacungi jempol. Semua matang dipersiapkan, tentunya guna menyambut visit 2020 Wonderffull Bengkulu di bidang pariwisata. 

Jadi bila suatu saat teman-teman datang berkunjung ke Bengkulu, dan mengunjungi semua cagar budaya tersebut, tentunya benar-benar sudah menjadi lokasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi. Pokoknya benar-benar menarik deh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung serta berkenan meninggalkan komentar dan masukan. Dimohon untuk tidak menanam link. :)